MeBW2 copy
Tahun 2015 segera berlalu. Tahun dengan banyak kejutan buatku. Termasuk terbitnya Novel WUNI – Sebuah Legenda Tanah Jawa. Tapi kalau dipikir lebih dalam, sesungguhnya bukanlah kejutan. Semua sudah bergulir atau sengaja digulirkan sejak mula. Seperti ungkapan : Di alam semesta ini tidak ada yang kebetulan.
Angka tahun segera berganti. Setiap orang membuat persiapan-persiapannya sendiri-sendiri. Yang kupahami sekarang, dunia berubah lebih cepat dari ketika aku masih kecil. Sebagai contoh, perubahan dari kaset menjadi CD memakan waktu lebih lambat dari perubahan CD menjadi lagu yang dapat diunduh dari toko maya. Dan masih banyak lagi contohnya. Dunia tampak seperti punya banyak cabang yang tak dapat diramal ujungnya. Cabang yang tiba-tiba dapat tumbuh dari hal yang tak kita duga. Bahkan sebuah perjalanan cabang dapat berhenti dan mati atau beralih menjadi sesuatu yang lain.
Selamat menjelang pergantian angka tahun, selamat mengulang perputaran bumi mengelilingi matahari. Selamat menjajagi perubahan apa kiranya yang dapat mengubah hidup manusia, hidup kita ke depan. Selamat mempersiapkan apapun untuk masa depan. Ada sebuah teori yang aku percaya : Kepak sayap kupu-kupu di sebuah taman hari ini dapat menimbulkan badai di kemudian hari. Manusia adalah mahluk penyintas yang tangguh. Kecuali alam semesta berkata lain .
Bogor, 1512

 

RENUNGAN 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *